KISAH KAKEK KU YANG TERPAKSA MASUK ISLAM



Saya jadi ingat dengan kakek saya di salah satu kota di jawa timur, dia adalah seorang Hindu, cuma sayang otoritas setempat akan memberhentikan semua pegawai negeri yang bukan islam, utk tetap dapat menghidupi anak dan istrinya beliau terpaksa mengganti agamanya dgn islam di KTP nya..

Akibatnya anak2nya semua ber KTP islam, bahkan kakek saya meninggal di kuburkan dgn islam. Semua paman saya yg cuma KTP islam kemudian menikah dgn wanita muslim, ternyata paman2 saya tidak bisa sholat sampe hari ini, yang menyedihkan anak2nya jadi tidak jelas moralnya (tapi msh terkendali). Bibi2 saya lebih beruntung karena suami2nya mengajari sholat.

Kisah lain terjadi dengan ibu saya, ibu saya kebetulan cantik dan bekerja di bank di Surabaya, akhirnya pacaran dgn seorang pegawai pertamina, menjelang pacarnya akan melamarnya, ada seorang pemuda perantau dari Bali yang menyukai kesenian dan bekerja sebagai supir truk bertemu dgn ibu saya di festival angklung saat itu, mereka berkenalan, pemuda tsb jatuh cinta dgn ibu saya, dan begitu tau ibu saya mau dilamar, pemuda itu nekat ke rumah ibu saya di selatan jawa, secara ga sengaja pemuda itu bertemu dg kakek saya, dan bertanya dimana rumah orang tua ibu saya. Kakek saya tidak mengungkapkan jati dirinya tapi menawarkan mengantar pemuda itu ke tujuannya. Selama dijalan kakek saya banyak bertanya tentang diri pemuda itu dan tujuannya kesana. Pemuda itu menceritakan semuanya dan niatnya mau melamar ibu saya juga.

Sesampainya di rumah ibu saya, kakek saya baru cerita kalo dia adalah bapak dari ibu saya, pemuda itu kaget dan meminta maaf.

Kakek saya bilang bahwa ibu saya akan dilamar oleh pemuda muslim yang bekerja di pertamina, tapi kakek saya entah kenapa lebih setuju dgn pemuda tsb, dan akhirnya kakek saya menerima lamaran pemuda tsb, dan meminta ibu saya utk ikut agama pemuda itu, ibu saya sangat patuh dengan bapaknya dan menyatakan bersedia.

Kemudian diadakanlah upacara lamaran ala jawa dadakan disana, tepat satu jam sebelum pacar ibu saya datang bersama orang tuanya. Kemudian pernikahan diadakan di bali lalu lahirlah saya.

Pemuda yang akhirnya jadi ayah saya memutuskan utk mengajak ibu saya tinggal di lombok, tinggal di daerah mayoritas muslim tapi persis disebelah gereja, ayah saya mengajarkan toleransi agama yang kuat dan mengijinkan saya memeluk agama manapun asal saya jadi orang baik.

Tapi sampai hari ini saya tetap menjadi hindu. Baru setelah kakek saya meninggal, nenek saya bercerita fakta ini ke ibu saya, bahwa kakek saya dulu memang meminta ibu saya agar meneruskan garis keturunan hindu yang diyakini kakek saya, suatu fakta yang membuktikan hal itu ternyata walau sudah berktp islam, kakek saya tetap ngayah di pura setempat, foto2 di pura dan pengakuan penduduk hindu setempat membenarkan hal tsb.

Dan kakek saya bukan satu2nya yang mengalami pemindahan agama ala pemerintah setempat waktu jaman itu.

Satu hal yg menjadi ganjalan skrg, nenek saya secara hukum adalah muslim, tapi ingin meninggal sebagai Hindu, sayang keluarga bibi dan paman saya jelas menentang hal itu, sejujurnya nenek saya tdk bisa sholat dan tidak mau belajar sholat dari anak2nya, ibu saya tidak bisa berbuat apa2.


Sumber : http://hindu.fairtopic.com/
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "KISAH KAKEK KU YANG TERPAKSA MASUK ISLAM"